Jambu Biji

jambu biji putih
Pagi tadi sehabis mengantarkan keponakanku berangkat ke sekolah, aku mengantarkan ibu ke pasar. Di jalan masuk menuju ke pasar itu tanpa sengaja aku tampak ada penjual jambu biji.

Ma, jambu biji tuh sekilo mahal ga?
Paling tiga setengah ato empat ribu-an. Kenapa? Mau beli? Ya udah ntar pulangnya mampir..
Hu'um. Tapi emang iya harganya segitu? #mamaku payah soal taksir-menaksir harga


Entah kenapa aku kok jadi kangen makan jambu pagi tadi, memang sih udah lumayan lama banget aku ga makan jambu biji. Biarpun ragu dengan taksiran harga mamaku itu, seusai belanja, kita mampir di penjual jambu biji yang tadi. Mamaku menawar, aku stay di motor, males turun. Samar-samar aku dengar percakapan mamaku dengan si penjual.

Sekilo berapa bu?
Enam ribu aja.

Mendengar itu, aku yang di motor senyam-senyum sendiri. Haha, mama..mama..tuh kan salah..

Seusai membeli jambu, mama menghampiriku.

Lima ribu yen sekilo.
Gitu katanya tiga setengah ma.. #sindirku
Ya kan cuma beda seribu, mama kan tadi bilang tida setangah atau empat ribu kan..?
Tapi kan tetep aja beda jauh. Eh ma kerudung kayak gitu kira-kira berapa ya? #tanyaku saat melihat ada penjual kerudung

Dalam hati berniat ingin beli buat mama nanti.

Palingan cuma lima belas ribu. Mau beli?
Ung? Enggak deh ma, lain kali aja.

Aku ragu sama taksiran mama. Aku ga berani ambil resiko, soalnya cuma bawa duit seiprit tadi. Hehe :p
Begitu sampai rumah langsung saja aku serbu jambu biji itu, namun sayang ternyata jambu bijinya yg warna merah, padahal aku lebih suka yang warna putih~
Gapapa. Yang penting kangenku sudah terobati :D
Bicara soal jambu biji, (aku memang suka jambu biji, banget malah bisa dibilang) jadi teringat kejadian pas waktu aku kecil dulu. Waktu itu tanteku baru saja menikah dengan orang Bandung, lalu kemudian seusai pesta tanteku pun diboyong ke Bandung. Lalu suatu waktu, kami sekeluarga datang berkunjung ke Bandung, entah dalam rangka apa aku lupa. Di halaman rumah tanteku itu tumbuh pohon jambu biji yang besar, buahnya pun besar-besar dan manis pula. Aku yang suka dengan jambu biji pun bersuka ria. Setiap saat ada kesempatan pasti aku makan jambu, bahkan kalau misal yang di kulkas habis aku minta di ambilin lagi yang di pohon. 

Beberapa hari kebiasaan makan jambu ini berlangsung dengan membabi buta, sampai di suatu hari yang cerah nan indah yang sangat pas untuk menikmati jambu itu aku diare.

Ya. Diare. Diare karena kebanyakan makan jambu.
Memang benar apa kata pepatah:
"Terlalu banyak sama buruknya dengan terlalu sedikit"
Yang enak tuh memang yang seperlunya saja. Hahah :D

19 Responses so far.

  1. Ami says:

    Aku baca, untuk pengobatan pencernaan, demam berdarah adalah pucuk daun muda. Kalo buah... Asal udah matang sih gpp. Bisa jadi itu malah detoksifikasi, ngeluarin yang gak penting di usus. Goodluck yah...

  2. Huda Tula says:

    hahaha, aku baru tahu kalau ada orang yang ngefans berat sama jambu biji. selama ini tahunya cuma buah durian yang punya penggemar...

  3. kamal says:

    heheh.. mantappp. juga tuch opini nya yang bagian terakhir.. Terlalu banyak sama buruknya dengan terlalu sedikit"

  4. Gaphe says:

    ciee ciee.. yang abis dipost bilang di FB jadi bahan postingan juga disini.

    bagi jambunya donk!.. kangen, udah lama nggak makan jambu kluthuk. yang putih saya suka banget daripada yang merah..

    hayoo.. jadi beliin ibu kerudung nggak tuh?

  5. woah ... sudah lama aku tidak makan itu, kira2 6 tahunan lebih T_T

  6. ☺☺☺ says:

    huahahaha kalap liat jambu biji. aku juga suka banget yen. pernah saking kepengennya sampe manjat-manjat itu pohon terus kepentok ranting yang lumayan tebel, alhasil jidatku berdarah banyak ~.~

  7. komen atas gw frontal deh, anaknya emang bandel kyaknya.. hahaha (OOT)

    back to yen,
    wah walopun ga dlam katagori doyan, gw dari kecil senang bnget klo ada jambu biji d pohon, apa lagi punya orang, langsung deh rame2 rebutan nyolong jambu, kwkkwkw..

    mungkin biar ga diare, di jus .. (hahaha memang ngaruh ya???)

  8. Cyaam says:

    jambu biji emang enak, pa lagi yang warna merah dalamnya...

  9. Mr TM says:

    Jambu biji bs menyebabkan diare, tp k-lo ga salah saya pernah dengar daunnya jambu biji bs ngobatin diare...

    Bukan berarti saya nyaranin Mba Yen mkn jambu sama daun2nya ya....jiehheheheheheee...........

  10. waah saya udah lama enggak makan jambu biji, jadi pengen

  11. YeN says:

    @ami: hummm begitu ya mbak, makasih infonya
    good luck juga buat mbak :)

    @huda: hahaha :p
    tapi jarang bisa makan jambu biji..

    @kamal: hwehehe dapet dari drama korea itu bang :p
    thank's for coming^^

  12. YeN says:

    @gaphe: hhehehe, keliatan nih kalo ga punya bahan postingan :p

    yee kalo sekarang udah abis lah bang jambunya,hihi. betul2..aku juga lebih suka yg putih, lebih enak menurutku

    kerudungnya nunggu abis gajian besok deh.hehe :D

    @john: woah..engkau lebih parah dari aku rupanya.padahal tadinya kupikir aku udah lama bgt itu..hoho

    @noto: hwohoho ati2 ta kalo manjat..mending minta di panjatin wortel aja.. :p

  13. YeN says:

    @tito: hwakakaaka, trnyata tito hobi nyolong ih :p *justkidding*
    kayaknya kalo berlebihan, biarpun di jus juga ga ngaruh deh to..wkwkwk

    @cyaam: wah, kalo aku lebih suka yg dalemnya putih cyaam.. :D

    @mr TM: itu kalo berlebihan aja deh..
    'bukannya saya nyaranin..' tapi padahal emang kan..?hoho :p

    @shudai: ayo beli..ntar aku dibagi juga ya..wkwkw *ngarep

  14. hahaha ... faktanya emang jambu biji itu sulit di pasaran yen
    yang sering muncul tuh jeruk, belimbing, mangga, de el el lah :D

  15. hwaaaaaaaa >.<
    aku juga melek Yennnnnn??lama banget nggak makan buah ini, dulu pas masih di Tulungagung sering banget tinggal petik :(

  16. Eks says:

    jambu biji emang enak, apalagi yang ngga ada bijinya... :)

  17. wah...kayaknya dah lama Bang Pendi ngga makan jambu klutuk, klo beli lagi bagi2 Bang Pendi ya! hehehe

  18. Bestari says:

    wah..aku sukanya yang dalemnya warna merah malah mbak..lebih suka lagi kalo di jus..hehehe, jus sendiri tapi, bukan jus yang di toko2 itu..

    di rumah pernah ada jambu biiji tapi dalemnya yang warna putih, jadi gak begitu suka ..

  19. YeN says:

    @ajeng: haha. rasanya jambu biji emang agak sulit ya buat ditemuin skrg ini..

    @eks: maksud lo???haha :D
    kamu yg milihin bijinya ya eks, ntar aku yg makan :p

    @noor: iya deh bang, dibagi ceritanya wkwkwkw :p

    @bestari: hoho
    nah itu dia..kalo yg putih enak dimakan langsung, kriuk2
    kalo lebih suka jus rasanya emang lebih cocok yg merah

Leave a Reply