Gondongan

Ada yang pernah tahu apa itu gondongan?
Gondongan atau Mumps juga disebut Parotitis Epidemika adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus(paramyxovirus). Yang terkena biasanya adalah kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan disertai nyeri. Penyakit ini tergolong penyakit menular walaupun tidak seganas campak atau cacar air, biasanya ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.
Gejala biasanya timbul dalam waktu 12-24 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa:
- menggigil
- sakit kepala
- nafsu makan berkurang
- merasa tidak enak badan
- demam ringan sampai sedang (terjadi 12-24 jam sebelum 1 atau beberapa kelanjar liur membengkak).
Tetapi 25-30% penderita tidak menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Gejala pertama dari infeksi kelenjar ludah adalah nyeri ketika mengunyah atau menelan, terutama jika menelan cairan asam (misalnya jus jeruk). Jika kelenjar liur disentuh, akan timbul nyeri. Pada saat ini suhu biasanya naik sampai 38,9-40? Celsius. Pembengkakan terjadi pada hari kedua. 

Eh-eh..kenapa ngomongin soal gondongan sih ini YeN?
Ya. Tidak lain dan tidak bukan karena saya sedang kena gondongan. Penyakit yang ga keren, masa ditularin lewat ludah. Saya curiga ini pasti ketularan keponakan saya yang dulu juga pernah kena dan kalo ngomong juga kadang-kadang suka disertai hujan lokal, haha. Udah sering saya bilangin supaya kalo ngomong jangan muncrat-muncrat, eh itu anak biasanya malah makin godain saya, malah makin dimuncrat-muncratin, hhhh.

Gondongan biasanya menyerang anak-anak usia 2-15 tahun. Nah loh? kenapa saya yang usianya udah kepala dua bisa kena? Makin ga keren aja nih. Ya, memang ga menutup kemungkinan juga sih penyakit ini untuk menyerang orang dewasa cuma memang kebanyakan menyerang anak-anak.

Trus-trus gimana ngobatinnya?
Sebenarnya sih tidak ada pengobatan yang spesifik, biasanya pengobatan hanya untuk meringankan gejala saja sedang penyakitnya sendiri diharapkan bisa sembuh dengan sendirinya. Kalo saya tanya mbah google sih katanya begini:
  • Karena terdapat gangguan menelan/mengunyah, sebaiknya diberikan makanan lunak dan hindari minuman asam karena bisa menimbulkan nyeri. 
  • Daerah pipi/leher bisa juga dikompres secara bergantian dengan panas dan dingin. 
  • Minum obat pereda nyeri (misalnya asetaminofen dan ibuprofen) bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan tidak enak badan.
Nah kalo kata kakakku sih, minum vitamin C aja buat daya tahan tubuh sama paracetamol buat menurunkan demamnya.

Sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat :)

50 Responses so far.

  1. Eks says:

    saya juga pernah kena. sekitar 1 tahun yang lalu. saya kirain ini yang namanya gondokan. tau-taunya gondongan. dan lagi itu juga saya ketularan sama temen saya, entah gimana caranya.


    aduh, rambut saya udah mulai gondong nih.

  2. Meski gondongan mungkin penyakit ringan, tapi gak enak juga ya, Yen. Semoga lekas sembuh, dan menjadi anak yang soleh. Hehe...

    @Eks, yang kamu alamin tuh bukan gondongan, tapi hernia. Lhah, kok jauh amat ya? :D

  3. NuellubiS says:

    kamu ga gondongan kan? hehehe

  4. Huda Tula says:

    kalau di lombok sebutannya denggong. memang biasanya yang terserang anak2. dulu teman2 saya sering kena. tapi saya g pernah, heheh (keren kan?). dan semoga tidak akan pernah...

    bukannya vitamin C itu asam y? ntar malah jd nyeri tuh...

  5. kurang yodium.. (bener yah? :P)

  6. rabest says:

    tau..tau.kalo dulu waktu kecil, kalo ada yang sakit gondongan biasanya diobatin pake cara dilulurin "blao", tau nggak apa itu? itu lho yang ibu2 jaman dulu pake buat nyuci en mutihin baju...hehhe gak tau juga kenapa mereka pake itu buat nyembuhinnya? masa iya sih ada dokter yang nyaranin pake begituan? atau jangan2 cuma sugesti mereka aja ya? hihihi

    whatever, cepet sembuh ya.. ^^

  7. isti says:

    ini terjadi karena kekurangan yodiom..yuk makan garam yg beryodium..#halah!

  8. Huda Tula says:

    yang kekurangan yodium itu gondok -- bukan gondongan. sepertinya beda...

  9. whaha... Makasih nih mbak.
    Soalnya kemaren kakek saya juga gondongan, susah mau nelen makanan, jadi nafsu makan berkurang.
    Semoga ini bisa ngebantu.

  10. YeN says:

    @Eks: ho...
    hayooo jgn2 kamu suka 'mencapur senyawa ptialin' sama temen kamu itu ya??hahaaha #inget istilahnya john terro
    haha, itu gondrong kaliii..

    @Hoeda Manis: iya, begitulah om. terima kasih ya :)

    @Nuel: lah? saya kan udah nulis kalo saya lagi gondongan..

    @Huda: iya deeeh, keren.. karena ga pernah gondongan..

    vitamin C jaman sekarang kan udah ada yang rasanya ga asem mas, lagian siapa bilang minum vitamin C harus dihisap? kan bisa langsung ditelen, hehe

    @Adryan: lah kalo itu kan gondok din? rasanya sih beda..

    @rabest: oh..yang warnanya biru itu ya? aku baca di gugel sih katanya cuma mitos, hehe. makasih ya :)

    @isti: emang iya ya? bukannya itu gondok?

    @Huda(lagi): iya, perasaan beda..

    @Ardian Bumi: wah sama2..
    senang bisa membantu :)

  11. Saya kayaknya kena juga kemarin, susah nelan, untung hanya tiga hari, dihari ketiga saya sudah bisa berbicara normal lagi

    pokoknya tenggorokan serasa disilet begitu

    salam kenal ya?

  12. YeN says:

    heum? tenggorokan serasa disilet? apa iya itu gondongan? rasanya lebih ke radang tenggorokan..

  13. kalo gondongan serti itu saya juga pernah ngalami, biasanya pake minum hangat lama-lama ilang juga.
    asal ndak jadi gondok ya Mbak hhh bisa gandul-gandul

  14. nashrul says:

    saya pernah mengalaminya, saat masih kecil.
    waktu itu bisa sembuh bukan dengan cara diatas, tapi dibawa ke mbah dukun, disemprot pake air garam,,, duh baunya bukan main

    salam kenal ya... knjung pertama nieh.. + follow

  15. YeN says:

    @Djangan Pakies: oh gitu ya kang..
    wah semoga jangan sampai lah kang jadi gondok, hehe

    @nashrul: air garam emangnya bau ya?
    salam kenal juga, makasih sudah berkunjung dan follow :)

  16. Gaphe says:

    jangan kena angin, tingkatin daya tahan tubuh. Semakin daya tahan tubuh semakin baik, maka semakin cepet sembuh. Banyakin istirahat. kalo orang jaman dulu suruh make kalung pace, biar malu kalo keluar rumah.. maksudnya biar istirahat gituu..

    semoga cepet sembuh ya Yen!..

  17. sichandra says:

    hmm gondongan ? baru pertama kali dengar penyakit ini :D

  18. YeN says:

    @Gaphe: oh? ga boleh kena angin juga ya?
    makasih masukan dan doanya mas phe.. :D

    @sichandra: mau kenalan dulu kah? hehehh

  19. Fairysha says:

    kalo di daerah saya namanya 'baguak' yen..emang ga enak banget, saya pernah sekali waktu kecil...wajah jadi aneh, sakit, makan susah, pokoknya ga ngenakin banget.

    cepet sembuh deh yen...^_^

  20. Pasti nggak enak banget kan, Yen, apalagi pas makan..
    Aku dulu kena pas kelas 1SMA, obatnya banyak makanan yg mengandung vit.C sama antibiotik dokter.. Dan antibiotik pasti disertai dgn minum banyak air putih.. :-)

    Oiya, salam kenal..
    http://ahmadsbudiman.blogspot.com/

  21. tiwi says:

    waduhh ga enak bgt pst ya YeN...cpt sembuh ya say... biar bs main lg sm ponakan2 ntar kena hujan lokal lg..^_^ hehe

  22. penyakitnya yang kaya gimana ya ko ane masih belum bisa membayangin, mungkin beda namanya kali ya...

  23. YeN says:

    @Fairysha: wah, namanya ada macem2 ya ternyata..
    makasih mbak ocha^^

    @AS Budiman: he'em. makasih infonya ya..
    salam kenal^^

    @tiwi: he'em. makasih banyak mbak tiwi :)

    @Baha Andes: gondongan biasanya sih bengkak dibagian pipi dan leher. kalo mau lebih lengkapnya googling aja, hehe

  24. hahaha.. salah yah.. kalau nggondok beda lagi.. heheh..

  25. YeN says:

    sepertinya..nek nggondok kan awakmu sering..hahahh :p

  26. hoedz says:

    ouw gitu ya .. alhamdulillah saya belom pernah kena ..
    paling radang tenggorokan aja .. beda ya .. hehehe :P

  27. NuellubiS says:

    oh yah. saya lupa... hehhehe

  28. pertukaran lewat ludah? sepertinya menarik *cling

  29. ya katakan saja bahwa semua orang pernah mengalaminya.. yang membedakan hanya frekuensinya...

  30. YeN says:

    @hoedz: haha, beda om..

    @Nuel: hohoho

    @John: ditularkan melalui ludah jon..
    sepertinya kamu mikir yg tidak2 nih, hehe

    @Adryan: sepertinya begitu din :p

  31. artmira says:

    haha ... semoga cepat sembuh dah :)

  32. YeN says:

    terima kasih artmira :)

  33. haha ... yo yo lah seneng banget kalo benar2 seperti yang aku pikirkan :D

  34. beda ya yen, gondongan sm gondok?? hhe

  35. YeN says:

    @Eks: okeh, segera meluncur..

    @John: hahah, opo ae jon..

    @tito: beda to..kalo gondok kan kurang yodium..

  36. wah...informasinya lengkap, Bang Pendi yang sebelumnya cuma denger jadi lebih tau, makasih infonya...

  37. Huda Tula says:

    ada tag di sini >>http://rumahreview.blogspot.com/2011/06/10-hal-mengenai-saya.html

  38. Eks says:

    lah, si huda tula...

  39. gapopo :D
    namanya aja John :)

  40. yen, kamu dapet tag juga..
    http://petihidup.blogspot.com/2011/06/10-hal-tentang-diri-saya.html

  41. @Adryan Nurdien: senengane ngetag wong :D

  42. Ami says:

    semoga cepet sembuh aja Yen...

  43. YeN says:

    @Bang Pendi: semoga berguna bang :)

    @Huda @Adryan: terima kasih tag-nya..

    @Eks: tidak usah heran..saya memang populer..hahahh :p

    @John: haha, ngono ta? :D

    @Ami: makasih mbak Ami.. :)

  44. YeN says:

    oke lah kalo begitu :)

  45. Wah goe sekarang lg kena gondongn nih'wakit banget ternyata,muka goe udah tiga hari ini bengkak pipi goe udah kaya komodo...

  46. YeN says:

    waduh semoga cepat sembuh ya. banyak makan, minum vitamin C dan istirahat, pokoknya tingkatkan daya tahan tubuh :D

  47. Saya ini lg ngalamin nih padahal umur saya 32,leher saya seprti bengkak gtu.dan untuk nelan sakit sekali.apa kah ini bs sembuh dengan sendrinya.

  48. YeN says:

    Harusnya sih bisa asal daya tahan tubuh ditingkatkan

Leave a Reply