Subyektif

Petang hari, dalam sebuah angkot yang melaju antara terminal Joyoboyo - Waru. Dengan memakai seragam SMP ditutupi jaket, lengkap dengan ransel sekolah. Di bawah pencahayaan yang remang-remang itu, laki-laki kantoran yang duduk di sebelahku bertanya.

"Sekolah SMA mana mbak?"
"Oh, saya bukan anak SMA pak."
"Oh sudah kuliah ya? Kuliah dimana?"

Heee?? Kuliah?? Kuliah dari Hongkong??

"Bukan. Saya masih SMP pak."
"Oh?! SMP.. SMP mana?"
"SMP 26."
"26? Dimana itu?"
"Di daerah Banjar Sugihan."
"Ooooo..."

Laki-laki itu pun kemudian akhirnya diam saja sampai aku turun. Kelihatannya dia shock tebakannya salah semua. Hahaha.

---

Pulang Sekolah. SMA. Aku hendak menghampiri temanku yang menungguku di bawah tangga. Di seberang lapangan. Aku berjalan dengan agak salah tingkah. Agak-agak gimana gitu kalo jalan di tempat luas sendirian, tanpa melakukan apapun, diliatin pula sama temanku itu. Begitu aku sampai di depannya temannya mengatakan sesuatu padaku.

"Ya Allah, anak ini lho kalau berjalan..."
"Kenapa? Ada yang salah??"
"Jalanmu lho.. Tak liatin dari jauh tadi, kamu kelihatan kayak anak SMP."
"Maksud loooooh??"

Saya heran. Apa iya gitu?

---

Di warnet. Hampir 3 tahun setelah kelulusan SMA. Salah seorang bocah SMA yang memang langganan bertanya.

"Mbak sampeyan itu barusan lulus ta?"
"Ha? Ah, enggak kok."
"Masih SMA ta?"
"Lah? Loh? Kok malah SMA? Aku udah lama lulusnya..Hahahh"
"Tahun kemarin?"
"Wah, sudah bertahun-tahun yang lalu..

---

Seringkali sesuatu itu tidak seperti apa yang tampak.

33 Responses so far.

  1. hahah ... kamu memang unpredictable :P

  2. bener bangetz.. aku aja yang udah lulus gini dikiranya baru akan masuk SMP.. ya Allah..

  3. buahahaah banyak yg model gini, termasuk gw sis.. dah lulus kuliah dari kapan tau disangak masih kuliah smester brp hihihihi...

  4. Huda Tula says:

    hahaha...
    yang pentinh jiwanya.. Masih berjiwa muda kan mbah putri?

  5. waktu SMP dikirain sudah SMA, udah SMA dikirain SMP. kepripun sih?

  6. Gaphe says:

    maksudnya apa nih Yen???... memuji sendiri karena tampak lebih muda daripada umurnya?
    *plaaak

    saya juga masih sering disangka anak SMP looh...

  7. ngakak baca cerita sampean mbak.

    jadi cerminan agar kita berpikir sebelum berbicara, agar tidak keliru memaknai yang nampak

  8. SMP dikira SMA, Kuliah dikira SMP, emang badannya mengecil ya...

  9. NuellubiS says:

    tampang boleh menipu ... :D

  10. wah kalo aku kok malah dikira lebih tua, dikira anak kuliahan padahal masih sma naik kls 2 mbak -,-

  11. Baguslah, berarti tampang lu awet muda, hehehe ;p

  12. Aina says:

    wah... berarti kamu kayak ksatria baja hitam ya... berubah-ubah...
    kadang tampak lebih muda, kadang tampak lebih tua...hoho

  13. Fairysha says:

    hahahaha....:D
    siapa yang salah sih sebenernya yen?? konsisten dong yen, hahahah....:D

  14. aduh tuh orang kyaknya rabun deh,,, masa percaya dan diem aja kLo kamu bilang dan ngakunya masih SMP..
    hahhahahaha :kabur

  15. itu tandanya ingin berlama-lama ngobrol sama YeN, mungkin....

  16. aahhahahaahhaahahahhaahaha
    kalo aku sih nemu orang begitu bisa nangis di jalan
    #kesel nanya mulu salah mulu

  17. subyektif = relatif :)

  18. YeN says:

    @John: hahah, dalam konteks negatif ta positif iki?? :p

    @Akane: waaahaha, kamu lebih parah.. :D

    @Brigadir kopi: hoho, tos dulu kalo gitu bang.. :D

    @Huda: tenaaaang..kalo jiwanya masih anak SD kok.wkwkwk :p

    @Baha Andes: itu yang saya ga habis pikir..maunya apa sih orang2 itu?? #marah2 ga jelas :p

    @Gaphe: hemmmm..mungkin *dikeplak juga
    iya, saya percaya kok mas :P

    @DuniaPiyen: waktu SMA dibilang kayak SMP..
    ga tahu juga tuh. badan saya sih makin tinggi aja, normal. saya sendiri juga bingung..

    @Nuel: begitulah :D

  19. YeN says:

    @Andaka: mungkin kamu memang terlihat dewasa kali Andaka..gapapa, ada enaknya lo gitu itu. kelihatannya udah senior, biasanya banyak yg segan, hehe :D

    @Claude C Kenni: alhamdulillah kalau emang gitu..

    @Aina: iya nih. ga cuma kepribadian aja yang labil. muka juga ikut2an labil hahahah :D

    @Fairysha: yaaaah, saya sih tetep gini2 aja mbak.. bahkan beberapa orang temenku yang lain suka bilang "eh, yenny masih tetep ya. ga berubah." kalo pas ketemu
    silahkan ikut pendapat yg mana deh. saya jadi bingung.. :p

    @gitabeneran: hahaha :D

    @Tukang Colong: betul sekali. jadi jangan contoh di atas itu sebagai patokan :)

  20. haha, berarti km tuh awet muda namanya, jd susah ditebak...
    hehe
    :D

  21. YeN says:

    @Mas kholiq: salam kenal juga

    @Penghuni 60: hehe :D
    makasih udah berkunjung :)

  22. Opi says:

    hhhahaaa, ketuaan muka kamu yen kayaknya, masih smp disngka udah sma, *kabur*..

    yup, kadang kita tuh cahaya yang lebh dari sekedar remang2 supaya bisa ngeliat dengan jelas..

  23. waduuh, tua sebelum waktunya hehe, mbak yen dapet award nih dari aku bisa diambil di http://dakapuchino.blogspot.com/2011/07/award-untuk-10-blogger-top-comentators.html

  24. Eks says:

    wkowkwowkowkwok...

    jadi, kamu ini awet muda atooo...?? *kabuuur*

  25. sichandra says:

    jiahaha, saya juga sering dibilang anak kuliahan yang lagi nyusun skripsi, padahal saya masih kelas 2 SMA. jhaiahaha, mngkin muka tua ye --"

  26. dalam konteks negatif dan positif :D

  27. YeN says:

    @Opi: itu cuma pengaruh pencahayaan pi.. #menghibur diri

    @Info Harga.. : pegangan biar ga bingung..hahahh :p

    @Andaka: okeh. aku nanti mampir :)

    @Eks: Awet tua. dari dulu sampe sekarang wajahnya tua..haha :p

    @sichandra: hoho, tapi sisi positifnya berarti kamu terlihat lebih pintar dari yg sesungguhnya, hehe

    @John: hiyaaaa... #tetep ga jelas

  28. haha ... gapopo yen
    masio ga jelas pokoke jek tetep eksis

  29. YeN says:

    aku nganggo m3 e jon, bukan eksis :P

  30. Ami says:

    Blog aku ngelink di punyamu ya, keyword yang aku cari kok nyasar di blogmu, hehehe...

  31. YeN says:

    iya kah mbak? keren dong, hehe :p

Leave a Reply