Pangeran Qamaruzzaman

Sejak kecil saya suka buku. Hampir semua orang yang mengenal saya tahu itu. Kali ini saya akan membahas satu buku yang mungkin tidak terlalu banyak orang yang tahu. Buku ini adalah hadiah ulang tahun yang saya dapat dari bude. Oh ya, ini buku komik. Komik ini dihadiahkan pada saya satu paket bersama satu buku diary, satu komik lain yang bercerita tentang nenek moyang nabi Muhammad.

Jadi komik ini berjudul Qamaruzzaman. 



Komik ini bercerita tentang seorang pangeran yang tidak mau menikah, padahal dia sudah akil baligh dan usianya sudah pantas untuk menikah. Sang Raja yang sudah mulai uzur khawatir melihat hal ini, karena jika pangeran tidak mau menikah lalu bagaimana dengan kelanjutan tahta kerajaan? Qamaruzzaman merupakan satu-satunya putera mahkota, bisa saja dia menjadi raja untuk sekarang, tapi bagaimana dengan setelahnya jika dia tidak menikah? Raja sudah berusaha melakukan apapun agar pangeran mau menikah, tapi tetap saja pangeran tidak mau. Sempat seorang pengawalnya bicara seperti ini :

"Kenapa sih Pangeran tidak mau menikah? Apa Pangeran tidak tahu apa yang paling disukai di dunia ini?"
Lalu Pangeran dengan pede menyahut, "Tahu! Goreng singkong garing kan??"

Rupanya pangeran adalah anak singkong sejati.

Saya agak lupa bagaimana caranya, tapi kemudian ada jin yang membantu Pangeran untuk menemukan calon permaisurinya dst dst.

Yang pasti akhirnya pangeran menemukan seseorang yang dia cintai. Pangeran kemudian menikah, tapi cerita tidak berhenti sampai disana. Dalam cerita ini pernikahan bukanlah ending seperti yang banyak kita temui pada dongeng-dongeng semacam Putri Salju, Cinderella dsb. It's just the beginning. Rumah tangga baru mereka harus menghadapi cobaan. Mereka tanpa sengaja terpisah..Dan lalu cerita mulai klimaks..Dan sebaiknya kalian baca sendiri biar saya ga spoiler disini :P

---

Ini review macam apa sih? Karena buku ini sudah hilang ga tahu nyimpennya dimana dan terakhir kali aku baca itu adalah pas waktu SD, saya jadi lupa-lupa ingat. Pengen banget cari, tapi susah sekali menemukan buku macam begini ini. Satu hal yang pasti. Saya berani jamin ceritanya lucu dan banyak hikmah yang bisa diambil. Euhmmm tidak heran sih, karena cerita ini berasal dari kisah 1001 malam.

Sebelum menulis entri ini saya sempat browsing-browsing sedikit intuk validasi data dan juga cari gambar. Saya baru tahu - lebih tepatnya baru ingat lagi - kalau komik ini adalah serial bersambung, dan buku yang saya baca itu seri pertamanya. Buku yang sangat menarik. Saya sungguh berminat untuk membaca seri-seri selanjutnya. Ada yang mau kasih? hehe



8 Responses so far.

  1. 1001 malam emang menarik yen
    ku pernah lihat filmnya
    meskipun di sana ga diceritain semua :P

  2. saya juga punya buku yang saya suka waktu kecil, udah ilang juga... :'(

  3. ndak nyangka mbak yen review buku.. hehe

  4. tau gak kenapa disebut 1001 malam?

  5. YeN says:

    @john: betul jon. saya juga pernah liat di tipi tp satu episode, bersambung dan lanjutannya ga ditayangin lagi. saya pernah baca buku 1001 malam yg mengklaim bahwa cerita miliknya adalah cerita 1001 malam yg original. sayangnya itu baru buku pertamanya dan saya juga ga sempet nyelesein baca, dan itu punya kakak saya dan kakak saya itu di bandung :(
    bikin penasaran

    @Nuel: haha, enggaklah cz akhirnya dia nikah..
    dia cuma belum jatuh cinta saja sehingga ga mau nikah.

    @Honeylizious: wah? apa itu?

    @Yudi: iya nih, kacau hasilnya..wkwkw :p

    @Yus: karena diceritakan dalam kurun waktu 1001 malam(?)

  6. wah kasihan banget yah :D

  7. YeN says:

    ah kasihan doang apa guna jon? sini kasih aku ceritanya :D

Leave a Reply