Ada Apa Dengan Template Hamida's Note?




Hubungan antara blog dengan template itu kayak hubungan antara pakaian dengan kita, manusia.

Mau secantik atau seganteng apapun seseorang, kalau berpakaian layaknya orang gila, mau tidak mau orang-orang akan mengira seseorang itu gila. Begitu juga dengan blog. Sebagus apapun tulisanmu, sebermakna apapun hal yang kamu tulis, kalau templatenya berat, jelek atau bahkan ada komponen-komponen yang mengganggu, maka orang-orang bakalan males juga buat singgah apalagi baca-baca di blogmu. Benar tidak? (benar tidak benar anggap saja benar ya :P)

So, kesimpulannya template merupakan komponen yang cukup lumayan sangat penting buat blog .

Bicara soal template, ada cerita yang cukup panjang mengenai metamorfosis template Hamida's Note ini, sekalipun sebenarnya umur blog ini belum panjang-panjang amat sih. Panjang cerita, sebenarnya saya sudah mendaftar sebagai blogger ini sejak November 2010, hanya saja karena belum 'sreg' sama nama blog, alamat url dan belum tahu materi apa yang akan ditulis jadilah blog ini saya tinggalkan begitu saja. Kosong, dan dengan hanya memakai template bawaan blogger berjudul Awesome Inc. warna hitam secara mentah-mentah.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan dan tahun pun ikut berganti, blog ini masih tak terjamah. Hingga pada 12 Januari 2011, akhirnya nasib blog ini berubah. Sesudah sebelumnya mengganti nama blog (thanks to John Terro), dan alamat url, blog ini resmi aktif dengan postingannya yang pertama, Dengarkan yang tidak kukatakan. Masih tetap dengan template Awesome Inc. yang original.

Lama-lama bosan juga melihat blog ini gelap-gelapan dengan design yang bisa dibilang kaku abis, saya akhirnya mulai otak-atik template pake template designer (ujung-ujungnya bawaan blogger juga). Maklum  saja saya blogger awam. Deskripsinya sebagai berikut : 
- template Picture Window
- background image 'merrymoonmary' warna biru agak abu-abu (kategori abtract)
- font blog title 'Mountains of Christmast' warna biru
- font post title 'Cherry Cream Soda' warna biru juga
Template ini lumayan lama aku pakai, mungkin masuk hitungan bulan.

Kembali diibaratkan seperti pakaian, blog kalau template-nya ga ganti-ganti kan bisa bikin ngelihat jadi bosen juga ya, bau lagi #halah. Oleh sebab itu, kemudian template Hamida's Note kembali mengalami perubahan, sedikit. Rinciannya begini :
- template tetap Picture Window
- background berubah jadi biru polos (birunya bukan biru biasa)
- font blog title tetap 'Mountains of Christmast' warna biru
- font post title tetap 'Cherry Cream Soda' warna biru juga
- Ini yang bikin perubahan agak signifikan, header. Kali ini pakai image di belakangnya. Saya cari gambar dari google trus di crop dikit, di edit dikit, maka jadilah gambar langit malam dengan bintang yang aku suka (biar malam tp warna langitnya biru #bukanbirubiasa).
Yah, ujung-ujungnya masih tetap pakai template designer dari blogger. Template ini kalau tidak salah lebih lama lagi aku pakai dari yang sebelumnya.


Kalian mungkin bertanya, kenapa saya mencantumkan deskripsi templatenya disini? Apa gunanya?
Gunanya mungkin tidak ada. Saya hanya ingin menceritakannya sedetail mungkin, sementara saya tidak punya screenshot dari template saya yang terdahulu itu :)

Sebenarnya ada beberapa eksperimen-eksperimen kecil lain yang pernah dilakukan pada template blog ini, tapi abaikan saja karena template-template itu cuma numpang nampang beberapa menit doang, paling lama cuma beberapa jam.

---

Empat bulan ngeblog dengan template bikinan template designer. Keadaan ini mulai meresahkan. Sudah mulai bosan saja, mulai tidak puas. Ingin pakai template buatan sendiri.


Bulan kelima, keinginan itu terpenuhi, setengahnya. Kenapa setengah? Karena template itu memang dibikin sendiri sama si pembuat template, tapi orang itu bukan saya. Yap! Buat follower blog ini yang sedari dulu pasti tahu, saya menang sayembara berhadiah template :D


Betul. Itu adalah sayembara yang diadakan John Terro, pengusung faham Intikali, dengan blognya Persona Intikalia.

Kalo yang ini saya punya screenshotnya

Mungkin sampai sekarang inilah template terlama yang dipakai Hamida's Note. Sementara ini tercatat digunakan mulai bulan Mei 2011 sampai dengan sekarang.


--


Mungkin memang bukan cerita mengenai kode-kode html, CSS atau apalah itu. Tapi itu target saya selanjutnya. Bikin template sendiri, dengan tangan saya sendiri. I'm on my way to get there. Yah, walau mungkin jalannya ngesot sih..haha


Akhir kata, semoga saya menang giveaways kali ini!
Amin.


#post ini dibuat dalam rangka mengikuti John Terro's Giveaways

15 Responses so far.

  1. Giveaway Sah

    ngomong masalah membuat template sendiri, sebenarnya aku sudah mulai membuat dokumentasinya di sini, meskipun itu masih terkesan prototype. Tapi, justru dari bentuk prototype itu blog Persona Intikalia bisa jadi sampe kayak sekarang. Nantinya aku juga akan pelan2 menunjukkan ke semuanya cara membuat template yang efektif dan cepat jadi hanya dalam hitungan jam saja (di bawah 3 jam). Menarik bukan?

  2. bisa sampe inget gitu ya detailnya, jempol deh

  3. hoedz says:

    jadi pengen ikutan give awaynya John

  4. rabest says:

    ini juga template yang bikinannya john ya?? :)

  5. Gaphe says:

    ealaah.. kan kamu dah pernah dapet yen, template gratisan dari john terro.. ini ngikut lagi.. udah bosen yaa sama yang ini?. hahahah...

  6. YeN says:

    @John: haha, promosi nih..
    aku tunggu sajalah petunjuknya :D

    @Ajeng: oh itu sih soalnya sambil oprek2 template designer juga jeng..
    kalo enggak ya lupa juga..hehe

    @@hoedz: wah, apakah tulisanku menginspirasimu?wkwkwk #GRtingkattinggi

    @rabest: yup, betul

    @Gaphe: ya kan diibaratkan kayak pakaian om...ahahah :D

  7. hahah ... promosi sedikit gapapa lah :D
    tunggu aja

  8. Zh!nTho says:

    Mantap abis skrang template nya

  9. seganteng apapun orang kalo penampilannya kayak orang gila pasti bakal dikira orang gila.
    bagaimana jika sebaliknya?

  10. template memang penting, tapi bagi saya yang awam ini paling2 cuma bisanya milih2 template yang ada di blogger..
    ya gag apa2 deh :D
    btw ditunggu ya follbacknya :)

  11. YeN says:

    ya ya nanti lama2 kan bisa jadi yang tidak awam juga kalo belajar terus.. :)

  12. ma_dhan says:

    ehm ehm terima les private bikin template otodidak.. :D hahaha

  13. YeN says:

    hahhah omonganmu kontradiksi dhan..kalo diajarin private mah namanya bukan otodidak lagi.. :D

    tp boleh2..gratis kan??wkwkwk

  14. YeN says:

    @John: oke2..

    @Zh!nto: terima kasih :)

    @Yus: ya dianggep orang ganteng :P

  15. YeN says:

    @John: oke2..

    @Zh!nto: terima kasih :)

    @Yus: ya tetep aja dibilang ganteng :P

Leave a Reply