Sama Dengan




Kalian tahu apa fungsi tombol  = (sama dengan) pada kalkulator? Yeaaaaa, semua orang pasti bakal jawab "untuk menampilkan jumlah/hasil perhitungan yang dilakukan.

Jawaban itu benar, tentu saja. 

Tapi coba kalian perhatikan di pasar-pasar, toko-toko, mall-mall dimana banyak para penjual yang sudah fasih menggunakan kalkulator. Perhatikan bagaimana cara mereka menggunakan kalkulator untuk menghitung jumlah belanjaan. Niscaya kalian akan mendapati bahwasanya mereka kebanyakan melihat hasil akhir perhitungan dengan menekan tombol + (tambah) dan bukan = (sama dengan).

Kenapa?

Menurut hipotesa saya sih hal ini dikarenakan jumlah yg dihasilkan oleh tombol = (sama dengan) itu suka lebay. Bilangannya akan terus bertambah setiap tombol = (sama dengan) ditekan. Iya kan?

Padahal nih, kita manusia, suka lupa dan ga yakin tadi udah mencet = (sama dengan) atau enggak. Kalau emang belum sih gapapa, tapi kalau sudah? Hasil akhir perhitungan menjadi kurang valid kan jadinya. Kalau belanjaannya sedikit sih gapapa tinggal di ulang, tapi kalau belanjaannya yang sampai bermeter-meter notanya wassalam deh. Belum lagi kalau pake kalkulator yang ada di komputer, yang perlu di klik pake mouse, terus mouse-nya lebay juga (kayak mouse-ku dikelas) yang dipencet sekali tapi reaksinya double klik. Rasanya pengen banting aja.

Aku jadi penasaran kenapa tombol = (sama dengan) harus dibikin begitu sih? Agak mubazir kan jadinya..

11 Responses so far.

  1. ooh, maksudnya itu kalo kita menekan tombol = lagi bakal ada pertambahan dengan bilangan yang ditambahkan itu...?

    sedangkan kalo pake tombol +, dan kita ketik lagi tombol + nya, ngga akan terjadi apa2 gt?

  2. wekekekek ... masih penasaran kenapa dibikin begitu?
    sepertinya aku bisa mengulasnya di blogku :D

  3. waw,,, fakta yang baru kusadari =.="

  4. kacho says:

    hem...tak pikir seh, karena nek neken tombol tambah juga nampilno hasile. dan, nek gak salah, di beberapa kalkulator, tombol tambah iku gedhe, dadi luwih gampang digawe. Lagian, nek nambah2 kan udah kebiasaan pake tombol tambah. Qpikir begitu.

    Tapi, ada juga yang kayak gitu ya? Karena sama dengan-nya.

  5. Ra-kun says:

    wah, betul juga. fenomena belanja nih :)

  6. tombol = dipakai karena sudah dipatenkan yen

    #jawaban ngasal

  7. YeN says:

    @Yus: Haha, iya maksudnya begitu. Tumben kamu pinter :))

    @Iskandar: emang situ tahu?

    @Arif: hoho :D

    @kacho: begitulah :)

    @Ra-kun: hehe ^^a

    @Ario: haha :D

  8. Huda Tula says:

    hmmmm
    aku malah ga pernah kepikiran ke situ. tapi hipotesanya keren juga :))

  9. Tulisan yang keren. Anda sangat teliti memperhatikan mbok2 penjual di pasar, salut.
    Salam kenal sebelumnya ^^

Leave a Reply