Apa Makna di Balik Nama dan Logo Apple?



Sebenarnya ini adalah entri yang mau saya publish seminggu setelah wafatnya Steve Jobs. Niatnya mau sok ikut-ikutan bikin entri mengenai berita yang lagi booming buat naikin traffic, tapi rupanya saya ga bakat begitu-begituan, jadilah entri ini cuma tersimpan di draft. Gila, setelah hampir setahun baru entri ini saya selesaikan dan publish.

Berhubung rasanya udah ga ada artinya lagi kalau saya mengatakan rasa bela sungkawa atas meninggalnya Steve Job sekarang ini, maka saya langsung saja. Apa makna di balik nama dan logo Apple? 

Yahoo! memberitakan inilah alasannya :

Adakah dari Anda yang penasaran mengapa Steve Jobs menggunakan nama buah apel untuk nama perusahaannya yang didirikan bersama Steve Wozniak?
Dilaporkan dari situs pecinta Apple, Macamour.com, ada beberapa fakta yang mungkin berhubungan dengan pemberian nama tersebut. Berikut fakta-faktanya:


Jobs pernah bekerja selama musim panas di perkebunan apel dan mengagumi label rekaman Beatles, Apple. Dia juga merasa apel adalah buah yang paling sempurna. Dikabarkan, ketika proses pemberian nama perusahaanya, Jobs dan Wozniak tidak menemukan nama yang lebih baik dari Apple.


Sedangkan untuk logo, mereka sempat memutuskan untuk menggunakan logo pohon dan banner yang mengatakan Apple Computer. Namun Jobs merasa, mereka butuh logo yang sederhana dan mereka memilih buah apel yang menjadi logo sekarang tanpa digigit. Karena merasa bentuknya seperti buah jeruk, maka diputuskan apel digigit adalah logo merek(sumber : Yahoo)

Saya tahu, sudah banyak situs, blog atau forum yang membahas tentang hal ini. Biasanya sih isinya ga jauh beda sama artikel punya Yahoo! itu. Namun saya merasa ada yang kurang. Rasanya terlalu..apa ya, ngawur dan terasa seperti tebakan yang tanpa analisa. Saya punya hipotesa sendiri mengenai pemilihan nama dan logo Apple.

Saya merasa, entah Steve Jobs, Steve Wozniak atau keduanya, siapapun yang berinisiatif untuk memberi nama perusahaan itu Apple sebenarnya terinspirasi dari kisah Adam dan Hawa. Adam dan Hawa yang terhasut oleh iblis untuk memakan buah Apel yang dilarang hingga akhirnya diusir dari surga. Oh ya, apel disebut-sebut sebagai buah terlarang dalam beberapa versi cerita Adam dan Hawa. Jadi ide dari penamaan Apple ini adalah perusahaan yang menciptakan teknologi yang canggih dan memikat sampai-sampai Adam  dan Hawa pun rela terusir dari surga.

Dengan hipotesa ini pula terjawab alasan kenapa logo apelnya tergigit, yaitu karena dalam kisah Adam dan Hawa mereka memakan buahnya dengan digigit, tidak diparut atau di jus dulu. Mungkin kalau diparut atau di jus dulu, logonya bakal ada parutan atau blendernya juga.

Sayang sekali saya tidak dapat menanyakan hal ini pada Steve Jobs atau Wozniak. Tapi jika memang benar ini idenya, maka kelihatannya mereka sudah berhasil. Lihat saja buktinya dengan keberadaan manusia yang mengorbankan kesempatan mereka untuk masuk surga dengan mencuri MacBook, iPad, iPhone atau iPod. #halah


15 Responses so far.

  1. wah, analisanya boleh juga...

  2. haha... hadeh.. hadeh.. sebegitu kerennya ya product apple @.@, sayang belum pernah punya, cuma minjem.
    belikan dunk yen. takut ni setelah baca tulisan u, ntar bisa mengorbankan kesempatan masuk surga XD

  3. YeN says:

    @Yus: kalo blognya boleh ga?

    @Arif: haha, ya sama. aku juga belum punya.. :D

    @Iskandar: lapo jon?

  4. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

  5. kacho says:

    wew...suangar rek analisa n analoginya :D

    Tapi kadang gak semua hal itu serumit yang dipikiran qt.

    but after all, silakan berimajinasi. Asal gak mencampur antara realita dan imajinasia aja :p

  6. YeN says:

    ya begitulah :D
    aku malah ngebayangin kalo beneran tanya sama Steve Jobs dia bakal jawab, "kamu berpikir terlalu rumit nona" :))

  7. wow,,,, suangar gitu yen bayanganmu :))

  8. wekekke,
    iya juga ya mungkin saja memang begitu LOL

  9. YeN says:

    @Arif: hahha

    @Ngetik: yang mana maksudnya? :D

  10. Kok kayaknya, gigitan apple itu diibaratkan sistem dari mac gk bs dibagikan ke windows alias hanya sedikit dibagikan ke windows, sedangkan apple sisa yg skrg menjadi logo apple itu merupakan sistem dr mac sendiri.. Itu penerawangan saya, soalnya platform mac bny yg kurang cocok dg platform windows,

  11. YeN says:

    platform windows juga banyak yg kurang cocok di mac. gimana tuh?

  12. Ya makanya itu dah, secuil potongan apple for windows, yg gk bs masuk ke mac, agak oot sih dr filosofi logo yg udah ada

  13. kalo ada pendapat dari kebun apel berarti gak logis kalo gigitannya cuma satu soalnya perkebunan itu kan apelnya enak sekali, pasti abis.

    ohh, berarti apelnya pasti besar. soalnya udah banyak dimakan tapi masih sisa banyak juga. hehe..

Leave a Reply