KOIN


2 koin 500an dan 2 koin 200an. 

Jumlahnya 1400. Ditambah dengan beberapa lembar uang kertas. Hmm, cukuplah.

Aku berangkat belanja. Aku termasuk orang tidak suka menaruh uang dalam dompet, bahkan seringkali aku bepergian tanpa membawa dompet. Hal ini secara otomatis membuat keberadaan uang receh yg agak terlalu banyak akan jadi sedikit mengganggu. Aku pun berniat menghabiskan uang recehku dengan membelanjakannya.


---

Pertama, aku pergi mengirim sebuah paket menggunakan jasa sebuah ekspedisi. Waktu aku datang, petugas ekspedisinya sedang melayani orang yang datang sebelum aku. Saat orang itu membayar, petugas ekspedisi bertanya "ada 500an pak?"
Orang itu menjawab tidak punya. Merasa aku punya, aku pun kemudian menyahut, "saya punya mbak".
"Ada brp?".
"Ini ada 2 mbak".
2 koin 500anku pun bertransformasi menjadi selembar ribuan. 
Sekarang giliranku dilayani. Tak berapa lama petugas menyebutkan nominal yang harus saya bayar.
"12500 mbak" kata petugasnya.
Aku serahkan uang sejumlah 13rb
"Wah 500annya balik lagi", kata si petugas
"Ah iya", aku tertawa palsu.
Bagaimana tidak, petugas tadi bukan memberi kembalian dengan uang koin 500an, melainkan 1 koin 200 dan 3 koin 100. Uang koinku bukannya makin sedikit, malah jadi banyak -.-"

3 koin 200an dan 3 koin 100an.

---

Kemudian aku pergi lagi membeli sabun cuci piring. 1500. Aku membayarnya menggunakan selembar uang seribuan dan 1 koin 200an + 3 koin 100an dari petugas ekspedisi tadi. Yes! Uang koinku berkurang banyak!!

Baru saja akan beranjak pergi dari toko, ibu penjualnya memanggilku.
"Mbak saya mau bayar pulsa yang tadi", kata ibu penjual sabun cuci piring.
Kebetulan ibu itu tetanggaku, tokonya memang di sebelah rumah, dan dia sudah biasa pesan pulsa via sms lalu bayar belakangan. Aku menunggu sambil memperhatikan ibu itu menyiapkan uang untuk membayar pulsa. Si ibu mengambil beberapa lembar 5000an, 2000an, 1000an dan... Akh! Kenapa harus bayar pakai 2 koin 500an sih..

2 koin 500an dan 2 koin 200an lagi..

---

Aku pergi lagi ke toko yang lain. Kali ini untuk membeli tisu dan kapas. 
"5900 mbak", petugas kasirnya menyebutkan total belanjaku. 
Aku sengaja membayar 6400, sehingga aku mendapat kembalian 500an. Tinggal berapa koinku sekarang?

3 koin 500an. Hmmm..

---

Aku masih harus membeli mie instan. Untuk bekal sahur nanti. Aku pergi ke minimarket. Setelah mengambil beberapa bungkus mie instan dan beberapa barang yang kubutuhkan, aku membawanya ke kasir. 
"Totalnya 43.100 mbak", kata petugas kasir.
Demi menghindari penumpukan uang koin lebih dari yang semestinya, aku membayar dengan uang sejumlah 43.500. Mau tidak mau, aku dapat kembalian 2 koin 200an. Tapi ini masih lebih baik daripada bila aku membayar 44.000,  karena aku akan mendapat kembalian sejumlah minimal 3 koin, 1 koin 500an dan 2 koin 200an. Tapi tunggu dulu, berapa koinku sekarang?

2 koin 500an dan 2 koin 200an.


31 Responses so far.

  1. itu artinya senyum2 sendiri habis baca yen, lucu,
    cuma bingung menuliskan kata2nya

  2. Huda Tula says:

    bawa saja ke sini kalo ga suka koin. sejak dapat smily coin bank dari syam, aku malah jadi suka sama koin :)

  3. YeN says:

    @Arif: oooooh...

    @Huda: wah jauh.. :P
    ini koinku jadi 18 biji sekarang :))

  4. Mr. Andry says:

    biasanya uang receh buat parkir

  5. nuel says:

    Aduh njlimet.... Pusing pala saya... :/

  6. di kamar saya juga banyak uang koin menumpuk :D

  7. YeN says:

    @Mr. Andry: parkir skrg kan 1000, pake uang kertas biasanya..

    @nuel: haha itu tantangannya :P

  8. YeN says:

    @Ra-kun: wah, dimasukin celengan aja, kayaknya lebih enak.. :P

  9. bah, koin nya ngga berubah ya, berangkat sampe pulang tetep segitu.

  10. YeN says:

    iya, udah takdir kayaknya

  11. kacho says:

    Hahahaha...kayake nek niat gawe ngurangi koin emang sering ga beruntung. Jadi nikmati aja yen. :))


    Biasanya kalo koin justru aku simpen, n' aku jadikan cadangan uang. Aku sebar, di dompet ada, di kantong ada, di tas yang gedhe ada, yang selempangan juga ada. Kalo ga ada uang, kan lumayan tuh.

  12. YeN says:

    @Yus: buat apa? aku kan udah manis =))

    @kacho: iyo.. hehe

  13. uang koinku tak celengi Yen :D

  14. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

  15. belum ada posting baru nih? have a nice day aja ya ^^

  16. YeN says:

    @Ajeng: boleh juga, tp aku ga punya celengan jeng :D

    @Outbong: hngg..

    @Ra-kun: iya nih , belum. have a nice day juga^^

  17. Anonymous says:

    Manis? :p

  18. YeN says:

    kenapa? ga terima? >:D

  19. Anonymous says:

    No pic = hoax :))

  20. YeN says:

    yaudah kalo ga percaya :P

  21. Anonymous says:

    Berarti beneran hoax

  22. Anonymous says:

    Wah. Template baru ya...

  23. YeN says:

    @anonim1: anggap saja begitu :D

    @anonim2: iya :D

    @trica: buat siapa apanya?

  24. lucu mbk, kayak lagi baca soal cerita matematika jaman Sd hehehe

  25. YeN says:

    ahhaha malah dibilang soal cerita :D

  26. buat beli permen aja koinnya :D

  27. YeN says:

    buat apa? aku kan udah manis =)) #dejavu

Leave a Reply