Naik Motor Masih Perlu Punya SIM?



Kemarin rekan kerjaku minta ijin ke masbos buat datang terlambat besoknya, karena dia akan mengikuti ujian SIM C. Saya kepikiran.

Hari ini, seperti yang sudah dibilang kemarin, dia datang terlambat. Dia datang sekitar jam 11 siang, lalu masbos bertanya padanya,

“Gimana X, ujiannya lulus?”

“Hehe gak lulus mas..”

“Kamu berangkat sendiri tadi?”

“Iya.”

“Naik motor?”

“Iya. Dari sana tadi langsung berangkat kesini.”

Nah, sudah tahu dimana letak keanehannya? Hal ini sudah saya duga, dan ini bikin saya kepikiran sejak kemarin. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak punya SIM untuk mengendarai motor bisa dengan leluasa datang mengikuti ujian SIM dengan mengendarai motor sendiri? 

Lalu sebenarnya dimana sih letak nilai penting dari memiliki sebuah SIM?



10 Responses so far.

  1. perlu yen. sim dibuat tidak hanya untuk mengetes dia bisa berkendara atau tidak, paham rambu2 atau tidak, tapi juga untuk
    - membatasi pengendara
    - memberi peringatan kepada yang melanggar(mungkin karena ngebut2an atau g sabaran)
    - memberi pemasukan pada negara
    dll, mungkin masih banyak @@

  2. YeN says:

    tapi bisa tuh mengendarai motor tanpa SIM, bahkan dengan tujuan pergi ke tempat pembuatan SIM :D

  3. iya @@ anak sd aja sekarang udah --" haha...

  4. hahahaha.
    betul :p

    aku dulu juga ujian sim naek motor ke kantornya :p

    kalo dipikir2 bego amat ya??

  5. kacho says:

    Perlu lah. Bisa dan mahir itu beda, beda pula dengan ahli.

    Kalo yang namanya tes itu kan modalnya harus "bisa" dulu. Kalo buat lulus tes, itu berarti "mahir". Nah, SIM itu bukti kalo kita itu "mahir" naik motor.

    Lah, kenapa harus ada bukti "mahir" dulu?
    Soalnya, itu untuk meminimalkan jumlah kecelakaan di jalan.

    Secara umum, ya begitu lah.

  6. YeN says:

    iya, jadi ga jelas kan, sebenernya naik motor itu perlu surat ijin ato engga..

  7. YeN says:

    yang jelas sim itu surat ijin mengemudi, harusnya sekalipun bisa orang ga boleh mengemudi motor tanpa ijin kan

    nah ini malah pergi ke kantor pembuatan sim nya loh, masih buat tes lagi

  8. kacho says:

    setelah aku tanyakan sama mbaurekso-nya, ternyata itu emang masalah dalam penegakan aturan di negara/ wil yang bersangkutan :p

  9. YeN says:

    cieee bahasanya..pake mbaurekso segala :))

Leave a Reply