Kesambet


Hwehehe judulnya lebay, sebenernya saya cuma mau cerita kalau tadi siang saya bikin kue, entah gara-gara kesambet apa :p

Kejadian kayak gini lumayan langka, bukannya saya males masak loh, saya cuma males aja buat belanja bahan dan beresin piring dan panci kotor yang tadi dibuat masak. Haha sama aja ya XD

Ah langsung aja deh, kue yang saya bikin ini judulnya Choco Corn Flake. Tapi karena penggunaan corn flake dalam resep kue ini saya ganti dengan koko crunch, mungkin judulnya bisa diganti jadi Choco Koko Crunch. Kedengerannya agak beribet ya. Yasudah berikut adalah resepnya : 

ga bisa ngilangin tanggalnya -.-a


BAHAN:
250 gr mentega
100 gr gula halus
1 butir telur
250 gr tepung terigu
60 gr tepung maizena
20 gr cokelat bubuk
100 gr corn flake/koko crunch, remas-remas

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat celcius.
2. Kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Masukkan telur dan kocok lagi.
3. Tambahkan corn flake/koko crunch, aduk rata.
4. Ayak tepung terigu dengan tepung maizena dan cokelat bubuk. Campurkan dalam adonan mentega, aduk rata. 
5. Siapkan loyang kue kering, olesi margarin.
6. Ambil sesendok teh adonan, taruh di atas loyang dan tekan dengan garpu. Panggang sampai matang, angkat.

Untuk: 550 gram

Btw langkah yang nomor 3 dan 4 itu mungkin bisa juga dibalik. Karena menurut pengalaman saya (padahal baru 4 kali juga), kalau dimasukin corn flake/koko crunch-nya dulu baru kemudian tepung, suka ada tepung yang nyangkut di lekukan-lekukan corn flake/koko crunch-nya. Adonannya jadi ada putih-putihnya gitu.

Yang saya suka dari kue ini sudah pasti adalah rasanya yang enak, renyah, ga terlalu manis dan di atas segalanya, bikinnya gampang. Tinggal aduk-aduk, sendok-sendok, masukin oven, beres. 

Sedikit cerita tentang kue ini, seumur hidup saya baru bikin kue ini sebanyak 4 kali. Saking seringnya bikin sampe masih inget. Pertama sewaktu praktek pelajaran tata boga di SMP. Kedua pas pamer ke keluarga kalo saya bisa bikin kue di sekolah. Yang ketiga pas Januari kemarin. Dan keempat, yang terakhir, ya kemarin siang ini. Saya sempet pernah berniat jadiin kue ini buat kado tapi ga jadi.

Demikian. Silahkan dicoba bagi yang berminat. Selamat tanggal 16 Februari.


4 Responses so far.

  1. wah kayaknya enak, jd pengen..
    kirimin dong :D

  2. YeN says:

    boleh :D
    tapi ongkir ditanggung sendiri ya, mau? :p

  3. Anonymous says:

    saya gak berminat kalau harus mencoba, tapi kalau mencicipi boleh lah..

  4. YeN says:

    ya monggo kalau udah dapet ijin

Leave a Reply