Jelly Bean 4.1.2 Tidak Mendukung Pemindahan Aplikasi ke SD Card


Sebelumnya, alhamdulillah saya sudah punya android sendiri sekarang.

Sebagai pengguna android yang baik, saya berniat memindahkan instalasi beberapa aplikasi seperti game dan sebangsanya yang memiliki memory cukup besar ke memory card(eksternal SD card), demi memperlancar kinerja androidnya. Belajar dari pengalaman otak-atik android punya kakak saya, seharusnya di manajer aplikasi ada tombol move to SD untuk melaksanakan hal ini. Tapi herannya tombol ini sama sekali ga ada di android saya.



Melalui browsing sana-sini, liat-liat diskusi di forum serta bertanya pada teman-teman yang lebih ngerti, rupanya android saya ini (Jelly Bean 4.1.2) memang tidak mendukung pemindahan aplikasi ke SD card. Kabar-kabarnya google sudah menghilangkan fitur yang menjadi default sejak android Froyo 2.2 ini. Hal ini tentu saja berakibat pada terbatasnya game dan aplikasi yang dapat diinstal. Sejauh ini yang saya dengar, satu-satunya cara memindahkan aplikasi pada Jelly Bean 4.1.2 adalah dengan cara me-root android-nya, yang mana sayangnya akan dapat menghilangkan garansi dari samsungnya.

Hahh.. saya jadi agak sebel, kenapa sih google menghilangkan fitur ini? Trus apa gunanya dong slot SD card sampai 64GB?  -.-"

Ada yang tahu ga sih bagaimana cara install banyak aplikasi di Jelly Bean 4.1.2 tanpa root?



18 Responses so far.

  1. saya jd kecewa beli android jelly bean

  2. YeN says:

    saya sih ga terlalu kecewa karena ternyata sampai saat ini kinerja android saya masih bagus2 aja. yahh tapi ga bisa install game banyak-banyak haha

  3. Anonymous says:

    Beli bb aja sekarang gamenya keren

  4. arum sri says:

    Harga diri dong beli bb.....
    ოαυ dikemanain muka kalo beli bb

  5. YeN says:

    males ah. kalo masi kudu pake paketan bb. yang bisa make paketan internet biasa handsetnya masi mahal2 pula :)

  6. Agung Csm says:

    hari gini masih pakek bb,,,, hahahaha malu2in,..

  7. Kasian ih pengguna bb..
    Masih ketinggalan jaman sama keyboard qwerty nya... oº°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º

  8. Andre R says:

    Sobat Droiders,Tdk perlu khawatir & kecewa.Coba download Move To SD di http://files.indowebster.com.Kalau sudah dapat,Koneksikan Android anda ke PC dan setelah terbaca cari folder download Moveto SD lalu cari file : movetosd.bat dan klik 2x.Lepaskan android anda dari PC dan mulailah install aplikasi itu di android anda.Buka dan pindahkan aplikasi yg anda inginksn.Good luck

  9. YeN says:

    saya belum sempet coba sih, tapi terima kasih infonya :)

  10. Tapi setau saya,move to sd cuma berfungsi untuk os ics kebawah.untuk jelly bean gak bisa.tapi kalo ingin mencoba silahkan :)

  11. YeN says:

    kalau setahu saya sih bisa untuk jelly bean 4.1 tapi mulai 4.1.2 ga bisa
    cuma karena saya belum coba lagi, jadi sementara ini no comment dulu, kan bisa jadi aplikasi move to sd nya udah ada update yg bisa mengatasi hal itu. yang mau nyoba sendiri ya silahkan juga :)

  12. belum bisa, saya dah coba, dan kyknya belum ada aplikasi yang bisa..

  13. Mas bro andre
    Kalo tanpa pc bisa gak ya?

  14. android saya udah root. bagaimana caranya gan.. tolong britahu saya lewat email ini yah. makasih.

  15. azikin.respect@gmail.com

  16. YeN says:

    Googling aja bro. Sekarang udah banyak tutorialnya.

Leave a Reply