Lembur

Sebagai pegawai yang lumayan tepat waktu (baca : datang agak telat, pulang tepat waktu), saya suka heran ngeliat mereka yang malah ga pulang-pulang padahal udah waktunya jam pulang.

Saya ga ngerti, itu emang bener kerjaannya banyak banget sehingga belum selesai atau cuma supaya keliatan rajin. Namun sekali lagi,  sebagai pegawai yang lumayan tepat waktu (baca : datang agak telat, pulang tepat waktu), saya jadi ga enak tiap kali mau pulang. Sekalipun posisinya jam pulang saya udah kelewat cukup jauh buat nutupin keterlambatan saya. Atau bahkan saat saya jadi yang paling pertama datang sekalipun perasaan ga enak itu masih ada. Secara mereka tampak lembur berjamaah gitu. Kesannya saya jadi satu-satunya pegawai yang ga loyal sama perusahaan

Satu hal yang sebenarnya salah dari kasus ini. Yaitu, dimana lembur dianggap sebagai tolok ukur loyalitas dan kerajinan. Kalau cuma itu aja sih ga terlalu salah. Kesalahan besarnya terletak pada bagian dimana semakin sering atau lama kamu lembur itu artinya kamu semakin rajin. 

Dimana letak salahnya?

Menurut pendapat saya, saat sebuah pekerjaan dilakukan dengan manajemen yang baik maka seharusnya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Sehingga apabila kamu diberi waktu 9 jam sehari untuk menyelesaikan segala pekerjaanmu hari itu dan kamu mampu me-manage waktu serta pekerjaanmu dengan baik, maka saat waktunya jam pulang seharusnya kamu bisa langsung pulang. Kamu ga perlu lembur. Lembur hanya terjadi pada mereka yang suka membuang-buang jam kerja untuk hal yang tidak perlu, bergosip misalnya.

Well, ini berlaku untuk pekerjaan rutin jam kantor biasa aja ya. Untuk pekerjaan lapangan dan produksi masih banyak faktor lain yang mempengaruhi. Sekali lagi ini cuma pendapat pribadi saya sebagai pegawai yang lumayan tepat waktu.

2 Responses so far.

  1. kenapa kamu ga nanya, lembur apa tuh mereka? kalo lemburnya dapet tambahan gaji sih oke menurutku, tp kalo lemburnya krna ngegosip ya capek dehh

  2. YeN says:

    haha lemburnya emang supaya dapet gaji lah jeng. cuma gara2 apa dan ngapain aja nya itu yg ga tau. yahh anggap aja mereka emg beneran lembur lah. aku kan ga tau dan itu bukan urusanku sebenernya :p

Leave a Reply