Tentang Sebuah Nama : Yenny Hamida

Akhirnya giliran nama saya. Nama saya Yenny Hamida. Simpel ya? Tapi di balik ke-simpel-an itu ada cerita.

Duluuuu sekali, saat saya masih baru belajar menghafal nama lengkap, entah bagaimana saya bisa punya keyakinan kalau nama lengkap saya adalah Yenny Hamida Yulianti. Setiap ditanya teman siapa nama lengkapku, aku pasti menjawab kalau namaku Yenny Hamida Yulianti. Sampai suatu hari seseorang (sebut saja X) bertanya nama lengkapku, kira-kira begini percakapanku dengannya waktu itu.

X : Yen, siapa nama lengkapmu?

Aku : Yenny Hamida Yulianti.

X : Ah masa ada Yulianti-nya?

Aku: Iya. Emang namaku gitu.

X : Dapet darimana nama Yulianti?

Aku : Ya ga tau. Pokoknya namaku Yenny Hamida Yulianti.

X : Emang kenapa harus pake Yulianti coba?

Aku : Ya bagus lah. Coba aja dengerin Yenny Hamida Yulianti. Tuh cocok kan? Nih coba aku tanya tanteku ya. Tante nama lengkapku Yenny Hamida Yulianti kan ya?

Tante : Iya. Trus ada Plekenut-nya.

Aku : HAH?

Tante : Iya. Namamu Yenny Hamida Yulianti Plekenut.

Aku : Ih masa namaku pake Plekenut?!?! Ga mungkin! *mulai histeris*

Tante : *ketawa ngakak*

Aku : Ma, Namaku ga pake Plekenut kan ya??? (langsung buru2 nanya ke ibu)

Ibu : Iya ga pake. Tapi ga pake Yulianti juga. Cuma Yenny Hamida aja..

Aku : Loh kalau Yulianti-nya pake. Plekenut-nya engga. *tetep kekeuh*

Tante : Loh Plekenut-nya juga pake itu.. *kemudian ketawa-ketawa lagi*

Begitulah. Mungkin itu krisis jati diri pertama yang saya alami dalam hidup haha. Saat itu ga ada konklusi. Saya tetep ngotot punya nama Yulianti, dan tante saya masih terus ngegodain  bilang namaku ada Plekenut-nya.

Seiring waktu, usia saya makin bertambah, sudah mulai memasuki tahap belajar menulis nama sendiri. Saya sudah bisa terima kenyataan kalau nama saya cuma Yenny hamida. Satu kesalahan berhasil diperbaiki.

Tapi masih ada masalah lain. Waktu itu saya  masih diajari menuliskan nama saya dengan Yeni Hamidah. Jadi semua buku tulis dan buku pelajaran saya kasih nama Yeni Hamidah. Seiring berjalannya waktu, karena merasa agak kurang gaul atau mungkin karena bosan, saya coba-coba menulis nama saya dengan ejaan lain. Seperti Yenni, Yenny atau Yeny. Baru saat mulai menerima raport dan memperhatikan ejaan nama, saya tahu kalau nama saya tulisannya Yenny, bukan Yeni, Yenni ataupun Yeny. Satu kebenaran terungkap.

Berlanjut ke masa kelas 6 SD. Untuk keperluan pembuatan Ijazah, setiap murid diminta untuk memastikan ejaan namanya yang benar seperti apa. Teman-teman saya cukup banyak yang kemudian jadi galau, ragu namanya ditulis pakai huruf N-nya satu atau dua, pakai spasi atau tidak dan yang begitu-begitu itu. Termasuk saya juga ikutan galau, apalagi kalau melihat sejarah kontroversi nama saya. Hal yang bikin saya galau adalah soal penulisan nama belakang, apakah Hamida atau Hamidah?

Karena kasus itulah kemudian setiap murid di sekolah saya diminta mengumpulkan fotokopi Akte Kelahiran. Seumur-umur hidup saya waktu itu, saya sama sekali ga pernah liat Akte Kelahiran. Jangankan Akte Kelahiran saya, bentuknya pun saya sama sekali tidak tahu. Kata ibu Akte saya disimpan bapak, maka kemudian saya minta fotokopinya ke bapak. Setelah dapat Akte itulah, saya kembali mendapat pencerahan. Sejak saat itu menjadi jelaslah bahwa nama saya YENNY HAMIDA.

Namun walau saya sudah tahu, ternyata kalau ngasih tau orang tentang ejaan nama saya secara lisan masih susah. Coba aja dengan nama depan. Yenny, biasanya saya bakal bilang, huruf N-nya 2 trus pake Y ya. Instruksi yang pertama mungkin mudah diikuti, huruf N-nya 2, tapi instruksi yang kedua? Mereka terlanjur menganggap nama saya Yenni. Nama Yenni ya jelas pake Y lah, kalau ga pake Y itu mau mau jadi apa? Enni?? LOL. Orang suka ga paham kalau maksud saya pake Y itu di belakangnya. Alhasil banyak yang tetep salah tulis jadi Yenni, walau sudah saya kasih tau kalau huruf I-nya diganti pake Y.

Begitu juga dengan nama belakang. Hamida. Masih banyak yang masih suka salah tulis jadi Hamidah. Padahal saya udah ngasih tau. Hamida, ga pake H ya, atau Hamida tapi belakangnya ga pake H ya, gitu. Tapi ya sama kayak Yenny tadi, yang mereka denger cuma ga pake H-nya doang. Jatohnya yang nulis jadi bingung, Hamida ga pake H mau jadi apa? Amida??? Jadilah banyak yang masih suka kebablasan nulis jadi Hamidah LOL.

Padahal nama saya harusnya simpel. Cuma 2 kata. Cuma 5 suku kata. Tapi sampai sekarang masih saja selalu ada yang salah tulis, termasuk penulisan KTP, KK, SIM, Buku Tabungan. Di surat-surat penting itu nama saya masih ditulis Yenny Hamidah, dengan huruf H di belakang.

Pada akhirnya saya cuma bisa pasrah. Sama kayak hidup. Terserah apa pendapat dan kebenaran yang mereka tahu tentang nama saya, yang jelas nama saya tertulis sebagai YENNY HAMIDA. Bukan YENI. Bukan YENNI. Bukan YENY. Bukan HAMIDAH. Ga Pake YULIANTI. Apalagi PLEKENUT.

6 Responses so far.

  1. Kacho says:

    Hahaha.... mene "Yulianti" -ne kasih ke nama anakmu aja :p

    ngemeng2, namaku masuk giliran ga?? :3

  2. YeN says:

    anakku??? hahaha nikah aja belum.. tp sbnrnya aku pengennya punya anak laki2 loh.. :p

    namamu? masuk ga eaaa? :)))

  3. Kacho says:

    Ea...lalu, ganti aja huruf akhirnya tuh XP

    ih, masa' ga masuk -.-

  4. YeN says:

    #eaaa *kemudian ga bisa move on* :)))

    kayake sih engga ka..entahlah.. :)))
    tapi ini bukan berarti kamu ga berarti loh. cuma kaitannya ga ada dengan nama. jadi jangan cemburu.. :* :)))

  5. Kacho says:

    terus kaitannya sama apa??

Leave a Reply